SEJARAH PRIMAGAMA
Primagama
adalah usaha jasa pendidikan luar sekolah yang bergerak dibidang
bimbingan belajar, didirikan tahun 1982, tepatnya pada tanggal 10 Maret
1982 di Yogyakarta. Program Bimbingan Belajar Primagama memiliki pasar
sangat luas (siswa 3,4,5,6 SD – 7,8,9 SMP, dan 10,11,12 SMA IPA/IPS)
dengan target pendidikan adalah meningkatkan prestasi akademik di
sekolah, Ujian Akhir Sekolah, Ujian Nasional , dan Sukses Ujian Masuk
Perguruan Tinggi Negeri/Favorit serta sekolah kedinasan (bagi SMA/SMK). PRIMAGAMA
berdiri, tepatnya pada tanggal 10 Maret 1982 di Yogyakarta. Kelas
pertama Primagama ini dimulai dengan hanya memiliki 2 orang siswa. Perkembangan PRIMAGAMA mulai terlihat dengan bertambahnya cabang menjadi 132 buah yaitu pada tahun 1996. Pada tahun 2000, cabang yang dimiliki PRIMAGAMA kembali meningkat menjadi 157 buah. Tingginya
kepedulian para pengusaha pada bidang pendidikan membuat PRIMAGAMA
memulai sistem waralabanya pada 2001. Dengan sistem ini jumlah cabang
meningkat menjadi 260 buah. Peningkatan
jumlah cabang terlihat signifikan setelah terbentuknya sistem waralaba.
Pada tahun 2003, jumlah cabang bertambah 320 cabang. Meningkat 300%
dibanding periode sebelumnya. Pada tahun 2005 Primagama sudah memiliki 450 cabang di seluruh Indonesia, dan terus meningkat di tahun selanjutnya, tepatnya pada tahun 2007 Jumlah cabang kembali meningkat menjadi 638 cabang dan mulailah dibentuk master franchise. Hal ini memberi dampak positif bagi Primagama karena jumlah cabang kembali meingkat pada tahun 2009 dan 2010 masing-masing berjumlah 723 dan 756 cabang. Pada
tahun 2015, RIMAGAMA memiliki manajemen baru bernama PT Prima Edu
Pendamping Belajar dan memperkecil jumlah cabangnya menjadi 587 buah di tahun 2015 dan 461 buah di tahun 2017 yang tersebar di seluruh propinsi di Indonesia dengan Jumlah siswa aktif 90.000 setahun serta Jumlah Dosen 8000.
Salah satu cabang Primagama di Provinsi Bali terletak di Jl Batur Raya No.45 Taman Griya Jimbaran-Bali yang kemudian sering disebut dengan sebutan Primagama Nusa Dua. Primagama Nusa Dua memiliki visi dan misi yang sangat baik bagi peserta didik untuk meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran diluar sekolah. Keseriusan Primagama Nusa Dua mendidik dan melatih siswa sehingga SIAP dalam menghadapi pemebelajaran disekolah serta ujian/ulangan di sekolah atau olimpiade terlihat dari fasilitas dan layanan yan disediakan. Ada 8 Layanan Unggulan yang dimiliki Primagama Nusa Dua diantaranya sebagai berikut.
1. Buku pegangan dan Buku latihan soal
Siswa yang telah menjadi siswaprimagama akan diberikan buku pegangan (Smart Book)
sebagai teman belajar siswa di Primagama atau dirumah. Disamping itu siswa juga dibekali
dengan buku latihan soal ( Smart exercise ) yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana
siswa telah memahami pembelajaan yang telah diajarkan.
2. Tes Berbasis Online
Primagama Nusa Dua telah dibekali dengan Tes Berbasis Online guna mendukung siswa
dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) khususnya bagi siswa SMP
dan SMA. Khusus bagi siswa SD karena belum menggunakan ujian online tes untuk jenjang
SD masing menggunakan tes berbasis kertas pensil. Namun soal-soal yang disusun telah di
susun berdasarkan kisi-kisi dari pemrintah.
3. Jumlah pertemuan 2 kali seminggu + Gratis KONSIS (Konsultasi Siswa)
Pelaksanaan bimbingan di Primagama Cabang Nusa Dua dilaksanakan 2 kali seminggu
sesuai dengan jadwal yang disediakan. Selain jadwal tersebut, siswa dapat mengikuti jam
tambahan ( Konsultasi Siswa ) di luar jam bimbingan selama 1 jam dan tidak dipungut biaya
tambahan (Gratis). Konsis ini diberikan khusus bagi siswa yang mersa kurang dalam belajar
ataupun untuk persiapan lomba dan sleksi masuk sekolah.
4. Tes setiap 3 bulan sekali
Guna mempersiapan mengahadapi Penilaian Tengan Semester (PTS) dan Pemnilaian
Akhir Tahun (PAT) Primagama melaksanakan tes setiap 3 bulan sekali tepatnya sebelum tes
di sekolah dilaksanakan. Hal ini memiliki dampak positif bagi siswa karena setelah tes, soal
yang dijawab siswa akan di bahas kembali oleh pengajar di Primagama saat jadwal reguler
dilaksanakan. Biasanya siswa akan menanyakan soal - soal yang mereka anggap belum bisadikerjakan saat tes berlangsung, tentunya ini akan memberikan pengalaman yang baik bagi
siswa bersangkutan.
5. Laporan Hasil Belajar (Report)
Laporan Hasil Belajar akan diterima oleh siswa jika siswa mengikuti tes, dalam laporan
dilengkapi dengan jumlah soal yang dijawab benar, salah dan kosong serta akan dilengkapi
pula dengan nomor soal yang salah setiap pelajaran. Hal ini bertujuan agar siswa dapat tau
dengan baik soal mana yang salah dan benar sehingga bisa di ulang kembali belajarnya.
6. SMS Kehadiran
SMS kehadiran akan diperoleh orang tua siswa jika anak didiknya telah sampai dan ikut
dalam pembelajaran. Hal ini bertujuan meminimalkan peluang siswa untuk membolos les.
7. Ruang kelas nyaman
Ruang kelas di Primagama telah dilengkapi dengan AC dan kebersihan kelas dijaga agar
siswa dapat nyaman dalam mengikuti pembelajaran
8. 1 kelas maksimal 15 orang
Agar pembelajaran lebih efektif, jumlah siswa di dalam kelas di batasi hanya 15 anak per
kelas.
Dengan 8 Layanan Tersebut, telah banyak siswa/i yang telah meraih suksesnya bersama Priamgama Nusa Dua dari tahun ke tahun. Kesuksesan tersebut tidak hanya fasilitas yang disediakan saja, dengan di barengi dengan keseriusan dan kerja keras dari siswa tersebut bukan hal yang tidak mungkin jika mereka dapat meraih suksesnya bersama Primagama Nusa Dua.
0 komentar: